KEWIRAUSAHAAN DIGITAL

 

Kewirausahaan Digital


hallo sobat dunia kampus, apa kabarnya nih? semoga kalian sehat yaa. Nah kali ini aku mau ngasih tau nih seluk beluk tentang kewirausahaan digital, buat kalian yang penasaran tentang kewirausahaan digital simak yuk perbincangan dari salah satu Dosen Universitas Negri Jakarta Prof. Dr. Dedi Purwana E.S, M.Bus dengan Ir. IBM Jayatama MM.



Digital Entrepreneurship, disampaikan oleh salah seorang profesional IT, yaitu bapak Ir. IBM Jayamata MM. ia adalah manager IT di PT. Indoguna, ia juga lulusan dari Institut Teknologi Bandung. Jadi terkait bidang wirausaha di era Revolusi Industri 4.0. Dari PT. Indoguna sebagai distributor ia menggunakan pola bisnis Food Suplay Chain Managemen atau manajemen rantai pasokan khusus di makanan. Ia menggunakan teknologi informasi yang handal dalam memproses pesanannya. Karena di jaman ini cukup berat jika tidak menggunakan teknologi informasi, ia mempunyai lima strategi bisnis yaitu, 

1. Customer focus atau focus pada kepuasan pelanggan. 

2. Omnichannel yaitu menghubungkan dunia offline ke online. 

3. Bigdata. 

4. Cybersecurity atau melindungi informasi bisnis perusahaan tersebut. 

5. Dan yang terakhir kapabilitas digital, yaitu mendukung perusahaan ke dunia digital.

 Jadi peluang bisnis digital di Indonesia menurut penelitian dari IDC worldbride tahun 2015, ada empat hal yang perlu di perhatikan, petama Mobile Internet, Cloud Technology, Internet of Things, dan yang teakhir yaitu Big data dan advanced analystics. Jadi ada empat hal yang menjadi parameter apakah revolusi digital sudah masuk ke dunia industri atau tidak. Kalua melihat dari data tersebut pemgguna mobile internet di tahun 2014 ada sekitar 55jt pengguna internet via mobile internet, kemudian setahun ini ada peningkatan signifikan dan dari ciri ciri ini bisa kita lihat ini sudah masuk ke dalam dunia digital. Kemudian cloud technology, tanpa cloud technology kita tidak bisa mengontrol perusahaan perusahaan yang tersebar di penjuru Indonesia, akan terlalu mahal jika kita membangun infrastruktur sendiri, sehingga kita memanfaatkan seperti google cloud, Alibaba cloud dll, kita bisa menempatkan data kita disana, kita tidak perlu infestasi hardware yang cukup besar lagi tapi kita bisa menyimpan nya disana. Kemudian interet of things, contohnya di PT. Indoguna ia bisa men-track menggunakan gps dari sana mereka bisa selalu mengontrol semuanya. 

Adapun contoh hal lain dari cloud technology yaitu gojek yang bisa kita nikmati karena sensor sensornya. Kemudian yang terakhir Big data and advance analystics, ia bisa mengukur data dari tahun tahun sebelmnya dengan lebih akurat. Jadi dari keempat hal itu jika semuanya sudah memenuhi bisa dan dari peningkatannya sudah signifikan dan rapih maka revolusi digital ini sudah sampai di Indonesia. Kemudian perbandingan Indonesia dengan negara lain, harga internet di indonedia ia ada di urutan kedua dengan harga termurah, tetapi kualitasnya memang masih buruk. Kemudian dari segi pengguna Indonesia termasuk pengguna media sosial tertinggi di dunia dan Jakarta dianggap ibukota twitter dunia, kemudian jumlah pengguna internet sangat menigkat dari tahun ke tahun.

Kemudian prospek untuk menjadi Digital Entrepreneur, Creating the future from the future atau jika kita bisa membayangka untuk masadepan, dan ketika terjadi dia sudah siap ada di sana, jadi masa depan kita kedepannya bisa diperkirakan contohnya seperti pabrik pabrik yang ada akan di lengkapi dengan sensor kemudian sensor nya bisa mengirim data untuk memeriksa hasil yan efisiensi hasil kualitas kondisi alat untuk pemeliharaan dan ini akan di dukung oleh system online, kemudian kedepannya lagi akan banyak perusahaan tambang dengan menggunakan teknologi teknologi nya dengan diberi sensor jadi kita bisa mengetahui pergerakan alat berat seperti apa, kemudian took retail yang hampir tidak membutuhkan sdm dan yang terakhir di bidang pertanian yang mana cara pertanian lama hampir di tinggalkan

Kompetensi atau skill yang perlu dimiliki ketika kita ingin menjadi wirausaha digital, indikator indikatorn yang dijelaskan oleh Ir. IBM Jatayama MM. ini diambil dari model pengukuran kinerja balance scorecard. Kemudian hal yang paling utama ketika berbicara tentang wirausaha ialah target financial, kemudian dari target financial selalu berhubungan dengan pelanggan baru, kemudian setelah pelanggan baru berhubungan juga dengan pelanggan loyal, kemudian dari sisi lain ada juga penghematan biaya dan aset produktif. Dengan mencapai target financial kita harus memberikan pelayana yang membuat pelanggan puas, untuk memberi kepuasan pelanggan kita bisa memberikan proses internalal yang baik. Kemudian kita juga membutuhkan sop yang telah di tentukan untuk bisa melaksanakan sop yang kita ingin laksanakan, kemudian target para wirausahawan tentunya target financial, lalu jika kita ingin mencapat target financial, misalnya kita ingin mendapat keuntungan sekian, barang apa yang harus kita jual?, lalu berhubungan lagi dengan target financial yaitu harga, harganya seperti apa, lalu kualitas, kualitas nya seperti apa, kemudian apakah tersedia barang nya?, lalu pilihan, dan fungsi. 

Disisi lain yang terpenting dalam wirausaha juga layanan, mitra dan citra terhadap para pelanggan. Lalu dari beberapa komponen tadi kalua bisa harus mencakup semua komponen, tetapi yang lebih prioritas juga bisa karna menyesuaikan dengan segmen pasar. Berikutnya supaya pelanggan puas tentu kita berbicara tentang proses internal nya yang membuat para pelanggan puas, dalam toko indoguna atau bisa juga di beberapa perusahan yang lain selalu ada kegiatan manajemen operasional nya, yang pertama yaitu pasokannya, lalu produksi nya, kemudian distribusi bagaimana di distribusikannya, dan dari distribusi yng terakhir pasti ada resiko nya. 

Berikutnya pasti ada pengelolaan pelanggan, yaitu dari seleksi, akuisisi, loyalitas pelanggan dan pertumbuhannya. Setelah itu tahap inovasi, dari tahap inovasi ini ada yang namanya identifikasi peluang, lalu R&D(reset and development), rancang bangun atau mencoba dan yang terakhir di luncurkan. Ada juga Regiluasi & sosialiasi yaitu melihat lingkuan seperti apa lalu keselamatan dan kesehatan, para pekerja nya dan komunitas. 

Karna dari kebijakan pemerintah terkait dengan CSR(Corporate Social Responsibility) dorongan itu bisa menjadi peluang yang mana dari tantangan menjadi peluang. Lalu untuk melaksanakan oprasi ini dibutuhkannya SDM, lalu informasi dan jika tidak solo preneur ada juga organisasi. 

Setelah dari kerangka tersebut dibutuhkan kompetensi, dari kompetensi ini ada beberapa hal yang pertama atau yang terpenting yaitu Komunikasi, komunikasi itu merupakan keterampilan yang sangat penting, karna wirausaha pasti perlu menjelaskan ide mempromosikan ke investor maupun pelanggan, baik pribadi maupun professional itu merupakan kunci sukses nya. 

Ada juga Finansial, karna memiliki kecerdasan finansial sangat penting dalam wirausaha dan yang terakhir adalah Merek karna merek adalah citra dari suatu perusahaan tersebut. Lalu Marketing, seorang wirausahawan ketika ia punya produk terbaik jika tidak ada yang tahu prodk tersebut tidak akan ada yang tahu atau marketing tersebuat tidak berjalan baik. 

Kemudian Networking, dari Networking semakin luas jaringan tali silaturahmi yang dibangun maka semakin kuat juga pondasi bisnis seorang wirausawan tsb. Automation atau melalukan hal yang sama berulang kali. Design, dari design itu termasuk hal yang penting, design bukan hanya tampilan, tetapi juga fungsinya. Selanjutnya analytics, belajar menganalisis menjadi hal terpenting. Sehebat apapun firasat atau intuisi, belajarlah membuat keputusan berdasarkan dari sebuah data, analisis itu benar bener harus kuat berdasarkan data. 

Berikutnya Technical, dari technical pemrograman itu memang suatu keterampilan penting dalam dunia digital, tetapi tidak semua orang juga harus bisa akan hal itu. Yang penting kita memahami dasar dasar nya, karna jika tidak bisa sama sekali atau tidak perduli itu tidak bisa karna jaman sekarang ini sudah dunia digital, bukan dari keterampilannya tetapi dari konsep technolog nya. Walaupun sudah banyak sekali alat bantu untuk dengan mudah membuat suatu aplikasi dan itu gratis, dan itu perlu dipahami. Dan yang terakhir yaitu learning atau online learning adalah salah satu keterampilan yang sangat penting di era digital, yang manaakan membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis kita, karna jaman sekarang sudah sangat luas.


Oleh : Tsuroyya Nurkarimah

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi 3 Serum Niacinamide

DIGITAL MARKETING

Rekomendasi Basic Skincare Untuk Jenis Kulit Berminyak dan Berjerawat